TUGAS TEKNOLOGI INFORMASI
TUGAS TENTANG RUMUS EXCEL
OLEH
KASRUM
620216114
TEKNIKA II E
POLITEKNIK MARITIM AMI MAKASSAR
(POLIMARIM) MAKASSAR
2017
RUMUS EXCEL SEDERHANA
1. Penggunaan Rumus SUM
Fungsi SUM sangat
berguna ketika untuk menambahkan atau mengurangi nilai dari rentang yang
berbeda atau menggabungkan nilai angka dengan rentang angka. Gunakan
fungsi SUM untuk
menambahkan semua argumen yang di tentukan dalam tanda kurung buka dan kurung
tutup. Setiap argumen dapat berupa rentang, referensi sel, maupun nilai numerik
positif atau negatif.
Untuk memasukkan rumus sederhana, ketik sama dengan (=) SUM dalam sel lalu diikuti
dengan tanda kurung buka. Berikutnya, ketikkan satu angka atau lebih, referensi
sel, atau rentang sel, yang dipisahkan dengan koma. Lalu, ketikkan kurung tutup
dan tekan ENTER untuk menampilkan hasilnya. Anda juga dapat menggunakan mouse
untuk memilih sel berisi data yang ingin Anda jumlahkan. Berikut ini adalah contoh penggunaan rumus
SUM:
2. Penggunaan Rumus IF
Rumus IF merupakan salah satu fungsi paling umum yang digunakan
dalam microsoft excel. Fungsi IF atau yang juga bisa
diartikan “jika”, digunakan untuk mengecek suatu kondisi. Apabila kondisi
terpenuhi maka fungsi akan mengambil suatu nilai, dan sebaliknya apabila
kondisi tersebut tidak terpenuhi maka akan diambil nilai yang lain. dengan kata
lain, fungsi IF disebut fungsi syarat. Jika suatu nilai mempunyai syarat dan
dapat bernilai benar apabila syarat terpenuhi serta bernilai salah jika syarat
tidak terpenuhi.
Fungsi IF memungkinkan untuk membuat
perbandingan logis antara nilai dan apa yang diharapkan dengan menguji kondisi
dan mengembalikan hasil jika True atau False. =IF(Sesuatu adalah Benar,
lakukanlah sesuatu, jika tidak lakukanlah hal lain). Oleh karena itu,
pernyataan IF dapat memiliki dua hasil. Hasil pertama jika perbandingan Anda
Benar dan hasil kedua jika perbandingan Salah. Berikut ini adalah contoh penggunaan rumus if:
3. Penggunaan Rumus AVERAGE
Rumus AVERAGE
digunakan untuk menentukan nilai rata-rata, berikut ini adalah contoh
penggunaan rumus AVERAGE:
Penggunaan
rumus AVERAGE hamper sama dengan penggunaan rumus SUM, yaitu dengan mengetikkan
sama dengan (=) kemudian “AVERAGE, kemudian klik sel D5 sampai D9.
Rumus MAX
digunakan untuk menghitung nilai tertinggi pada suatu perhitungan, berikut ini adalah contoh perhitungan menggunakan
rumus MAX:
5. Penggunaan Rumus Minimal
Rumus MIN
digunakan untuk menghitung nilai minimal atau nilai terendah dari suatu
perhitungan. Berikut ini adalah contoh perhitungan menggunakan rumus MIN:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar